;

Senin, 03 Agustus 2009

Cara Mudah Memindahkan Isi Blog Wordpress Antar Hosting

Memindahkan isi blog antar hosting berbayar tentu bisa kita lakukan, dengan memindahkan database yang ada di hosting lama ke hosting baru. Namun cara ini mungkin tidak mudah bagi blogger pemula seperti kita. Selain itu, memindahkan blog kita dari hosting gratisan seperti wordpress.com ke hosting berbayar menggunakan wordpress.org tidak bisa kita lakukan karena kita tidak diberi akses untuk database wordpress.com. Cara lain adalah dengan copy-paste postingan sebelumnya, namun selain cara ini membutuhkan waktu, isi blog yang lain seperti komentar, tag, label, dan kategori tentunya akan hilang karena hanya postingan yang bisa kita copy-paste.
Melakukan perpindahan dari blog wordpress gratisan ke wordpress.org hosting sendiri adalah keputusan yang tepat untuk bisa menguangkan blog kita (make money blogging). Daripada melakukan copas (copy-paste) satu per satu, ada cara yang lebih baik untuk hal ini, yaitu dengan export-import. Kita cukup melakukan export dari wordpress.com dan kemudian import ke wordpress.org. Dan cara ini juga bisa digunakan untuk memindahkan isi blog antar hosting berbayar.

Langkah 1. Export isi blog Wordpress ke komputer kita

1. Log in ke akun Wordpress blog lama kita.
2. Di bagian dashboard, klik “Export“.
3. Klik “download export file”
4. Simpan file yang diexport dengan nama tertentu yang spesifik.
5. Klik “save”

Langkah 2. Import isi blog lama dari komputer kita ke blog baru

1. Log in ke akun Wordpress blog baru kita, alamatnya misalnya: http://www.bloggerpemula.info/wp-admin
2. Di bagian dashboard, klik “Import“.
3. Pilih sumber file yang ingin diimport “wordpress import” sesuai dengan file yang kita export sebelumnya.
4. Klik “browse” dan pilih file hasil export di atas yang ada di komputer.
5. Klik “Upload file dan import”

TIPS Tambahan:

1. Untuk tidak kehilangan pengunjung lama kita, arahkan nama domain blog lama kita ke nama domain baru blog kita. Lihat di cara mengubah nama domain.
2. Batas maksimum besar file yang di import adalah 2 Mega Byte. Karena tidak ada pilihan isi blog yang mana yang ingin kita export dan import, maka bila file hasil export lebih dari 2 Mega Byte, edit file tersebut secara manual dengan program notepad atau wordpad dengan menghapus beberapa postingan atau komentar dan simpan kembali sebagai file XML. Postingan ini ditandai dengan kode pada awalnya dan pada akhirnya. Misalnya:



Semua isi blog lama kita sekarang sudah berpindah ke blog baru.

Selamat mencoba !!!

1 komentar: