;

Rabu, 18 November 2009

Mengenal Keylogger atau Perekam Penggunaan Komputer

Artikel singkat ini saya tujukan buat yang belum tau atau pemula alias newbie istilah bahasa gaulnya orang IT. Bagi yang sudah tau silahkan dilewati saja...tapi kalo mau baca juga boleh...ngga dilarang.
Langsung saja, Keylogger adalah sebuah aplikasi yang bisa merekam semua ketukan keyboard artinya semua tombol keyboard yang kita tekan akan direkam atau di log oleh aplikasi keylogger.



Namun seiring perkembangan keylogger tidak hanya merekam ketukan keyboard saja tapi bisa merekam window title atau judul window dari program atau aplikasi yang kita buka, bisa juga merekam gambar tampilan dari layar komputer, merekam hasil copy paste (clipboard), Tidak terdeteksi oleh antivirus dan bisa mengirim secara otomatis semua data yang telah terekam atau dilog ke alamat email si pemasang aplikasi keylogger. Juga dilengkapi akses password untuk membuka keylogger sehingga sang pemasang keylogger saja yang bisa membuka aplikasi keylogger dalam komputer tersebut.

Apa sih tujuan orang memasang keylogger? Tentu saja tujuannya ada yang baik dan ada yang jahat. Diantaranya tujuan yang baik contohnya : Pihak admin perusahaan memasang keyloger dikomputer karyawan dengan tujuan melihat apa sih yang dikerjakan
karyawan selama bekerja? apakah bener-bener bekerja atau cuma browsing & chating melulu...hehehe...
Satu lagi contoh baik: Orang tua yang ingin tau atau ingin mengawasi apa saja yang dilakukan anaknya dalam menggunakan komputer.

Sedangkan contoh jahat untuk kegiatan pencurian data seperti password account email, password internet banking, dan data-data penting yang lainnya. Tentu saja saya tidak menganjurkan untuk kejahatan. Karena artikel ini hanya untuk pengetahuan saja.

Yang perlu kita ketahui mengenai keylogger, aplikasi ini berjalan dikomputer secara diam-diam atau background process tidak diketahui oleh pengguna komputer, kecuali yang pasang aplikasinya kepergok...hayo lagi ngapain utak-atik komputer orang...
Maka dari itu waspadalah jangan-jangan komputer anda telah diinstal aplikasi keylogger.
Untuk lebih jelasnya seperti apa itu keylogger saya buatkan aplikasi keylogger sederhana namanya simple keylogger untuk melengkapi artikel ini.
Aplikasi ini Educational purposes only! I do not take responsibility for whatever the users use them for. Atau terjemahan bebasnya bertujuan untuk pengetahuan saja dan saya tidak bertanggung jawab atas penggunaan aplikasi keylogger ini. Simple keylogger ini hanya bisa merekam semua ketukan keyboard, merekam judul window atau program yang dibuka, merekam hasil copy paste (clipboard).
Cara penggunaan, jalankan simple keylogger.exe dengan doble klik maka keylogger sudah aktif tanpa terlihat apa-apa. Sekarang coba beraktifitas dikomputer seperti biasa, mengetik, buka program, atau apa aja. Sudah...?
Trus gimana cara lihat hasil rekaman keyloggernya boss? kan aplikasinya ngga kelihatan jalannya? Huss jangan panggil saya boss...panggil aja bro...hehehe...

Untuk melihat hasil rekaman atau log buka keylogger dengan menekan tombol Shift , K dan L secara bersama-sama, Tuing...Muncul deh aplikasi keyloggernya, kelihatan sekarang apa aja yang sudah kita kerjakan dikomputer.

O..iya bagi pengguna Antivirus NOD32 terdeteksi sebagai probably unknown NewHeur_PE, Antivirus Sophos terdeteksi sebagai Mal/VB-G, Antivirus Sunbelt terdeteksi sebagaiTrojan-Dropper.Win32.VB!cobra (v), maklum namanya juga keylogger sederhana. Untuk antivirus yang lainnya tidak terdeteksi jadi bisa mencoba simple keylogger ini.

Cukup sekian dulu dari saya, lain waktu disambung lagi dengan artikel-artikel yang lain. Pesan saya awas keylogger...kata bang Napi Waspadalah...waspadalah...
Untuk download : Disini

0 komentar:

Posting Komentar